Sabtu, 02 Maret 2013

Arti Lambang ‘Setan Merah’ pada Logo Man United

manutd_1
Pada akhir tahun 1960-an lambang setan mulai dimasukkan menjadi bagian dari badge Manchester United. Setan berwarna merah yang sedang memegang Garpu Tala tepat diletakkan pada tengah logo. Menurut catatan, Matt Busby mengambil logo setan tersebut dari sebuah Klub Rugbi Salford City Reds Rugby.


Logo klub rugbi tersebut juga ada gambar setannya. Logo setan merah dengan garpu tala juga ditemui pada lambang freeBSD sebuah sistem operasi berbasis Linux keluaran Berkeley Software Distribution (BSD). Silahkan anda cari pada pencarian google gambar. Setan lucu itu bernama beastie. Selain freeBSD, Berkeley Software Distribution juga memproduksi BSD daemon, biasanya software ini dikaitkan dengan email. Taukah anda apa itu daemon ? Daemon = Demon artinya Jurik atau setan.

Lambang setan banyak ditemukan dalam khazanah budaya barat. Selain setan beastie juga didapat lambang setan seperti Bapomet, pentagram, 666, lucifer. Kenapa begitu banyak lambang setan? Dibarat banyak sekte2 yang menyembah pada setan, di era klasik penyembahan pada setan terjadi dalam bentuk Magic, sihir, pengorbanan manusia dll. Tapi di era sekarang para penyembah setan (Satanik) bisa dalam bentuk Atheisme, Materialisme. Mereka menganggap setan sebagai mahluk yang kritis, cerdas, pemberontak dan jujur. Mereka juga sangat menjunjung tinggi Teori Darwin. Mereka masuk ke bidang Musik, Olah Raga, Film, Penerbitan, Pendidikan, dan bidang2 lain yang belum tentu terpikirkan oleh anda.
Namun itu hanyalah sebuah simbol untuk menggambarkan kehebatan United saat itu. Ketika diawal abad 20 mereka mengganti seragam kuning emas dan hijau toska dengan merah, para penonton yang melihat cara mereka bermain yang terus berlari dan menyerang bak air bah mengatakan seperti menonton setan merah bermain, red heathens-red devils-setan merah. Jadilah kemudian itu julukan yang melekat bahkan ketika klub itu berubah nama menjadi Manchester United.

0 komentar:

Posting Komentar